Adidas
Adolph Adi Dassler adalah sosok dibalik kebesaran merek ternama Adidas. Dassler remaja tumbuh di Jerman dengan kondisi perekonomian sedang hancur akibat perang dunia I. Dassler kemudian membantu ekonomi keluarganya dengan membuat sarung bantal dari tas bekas milik tentara yang tertinggal pasca perang. Karena kecintaan nya pada olahraga pada tahun 1920 ia mulai membuat sendiri sepasang sepatu olahraga. Sebagai langkah awal ia fokus pada olah raga yang ngetop saat itu yaitu tenis, sepak bola dan lari.
Sepatu Adidas mulai digunakan pada olimpiade 1928. Hasilnya luar biasa! Para atlet merasa nyaman dan senang sekali menggunakan sepatu ini. Pada Olimpiade Berlin 1936 Jasse Owens berhasil meraih 4 medali emas dan ia memakai sepatu Adidas. Demikia hal nya Armin Hari, ia menjadi atlet pertama yang mampu menyelesaikan lari 100 meter dalam waktu 10 detik saja dengan memakai sepatu Adidas. Kejadian luar biasa ini mengundang banyak perhatin, bahkan membuat Hitler gusar.
Dassler terus berinovasi. Desain pada sepatu olahraga misalnya, ia menancapkan material menyerupai paku dibagian bawah sol sepatu guna meningkatkan kontrol dan akurasi setiap pemain. Dengan desain sepatu ini tim Jerman sukses meraih kemenangan pada piala dunia 1954. Dassler pun melakukan hal serupa pada sepatu lari yaitu menancapkan semacam girigi dibagian bawah sol sepatu agar pelari dapat berlari mengikuti trek dengan baik.
Selain sebagai seorang inovator Dassler juga seorang marketer handal. Pada suatu ketika ia menemukan ide yaitu menambahka tiga strip di bagian samping sepatu Adidas. Dengan cara ini orang bisa mengenali Adidas hanya dengan tiga strip itu. Sejarahpun mencatat bahwa pada akhirnya, tiga strip inilah yang kemudian menjadi logi resmi Adidas. Dalam perkembangannya Adidas tidak sekedar merek sepatu olahraga melainkan juga merek fesyen. 'Impossible is nothing' kalimat yang awalnya dinucapkan Muhammad Ali ini telah melekatnpada pada merek sapatu Adidas.
Adolph Adi Dassler adalah sosok dibalik kebesaran merek ternama Adidas. Dassler remaja tumbuh di Jerman dengan kondisi perekonomian sedang hancur akibat perang dunia I. Dassler kemudian membantu ekonomi keluarganya dengan membuat sarung bantal dari tas bekas milik tentara yang tertinggal pasca perang. Karena kecintaan nya pada olahraga pada tahun 1920 ia mulai membuat sendiri sepasang sepatu olahraga. Sebagai langkah awal ia fokus pada olah raga yang ngetop saat itu yaitu tenis, sepak bola dan lari.
Sepatu Adidas mulai digunakan pada olimpiade 1928. Hasilnya luar biasa! Para atlet merasa nyaman dan senang sekali menggunakan sepatu ini. Pada Olimpiade Berlin 1936 Jasse Owens berhasil meraih 4 medali emas dan ia memakai sepatu Adidas. Demikia hal nya Armin Hari, ia menjadi atlet pertama yang mampu menyelesaikan lari 100 meter dalam waktu 10 detik saja dengan memakai sepatu Adidas. Kejadian luar biasa ini mengundang banyak perhatin, bahkan membuat Hitler gusar.
Dassler terus berinovasi. Desain pada sepatu olahraga misalnya, ia menancapkan material menyerupai paku dibagian bawah sol sepatu guna meningkatkan kontrol dan akurasi setiap pemain. Dengan desain sepatu ini tim Jerman sukses meraih kemenangan pada piala dunia 1954. Dassler pun melakukan hal serupa pada sepatu lari yaitu menancapkan semacam girigi dibagian bawah sol sepatu agar pelari dapat berlari mengikuti trek dengan baik.
Selain sebagai seorang inovator Dassler juga seorang marketer handal. Pada suatu ketika ia menemukan ide yaitu menambahka tiga strip di bagian samping sepatu Adidas. Dengan cara ini orang bisa mengenali Adidas hanya dengan tiga strip itu. Sejarahpun mencatat bahwa pada akhirnya, tiga strip inilah yang kemudian menjadi logi resmi Adidas. Dalam perkembangannya Adidas tidak sekedar merek sepatu olahraga melainkan juga merek fesyen. 'Impossible is nothing' kalimat yang awalnya dinucapkan Muhammad Ali ini telah melekatnpada pada merek sapatu Adidas.
Sony
Sony didirikan tahun 1946 oleh dua orang yaitu Akio Morita seorang fisikawan yang mahir menjajakan produk, dan Masaru Ibuka seorang ahli elektronika jenius yang melahirkan banyak produk Sony. Pada awalnya Sony hanya menangani reparasi radio saja, kemudian pada tahun 1950-an perusahaan tersebut meluncurkan produk sendiri dengan merek Sony. Dalam waktu singkat Sony berhasil membangun reputasi bangsa Jepang dengan menghasilkan produk-produk inovatif, diantara nya adalah transistor radio pertama yang paling efektif di tahun 1958 dan transistor TV pada tahun 1960. Pada tahun 1961, Sony menjadi perusahaan Jepang pertama yang terdaftar di wall street.
Pada tahun 1971, Sony meluncurkan video recorder berwarna pertama di dunia dan beberapa tahun kemudian Sony berhasil membuat revolusi produk dengan menciptakan walkman. Pada tahun 1979 walkman di luncurkan kepasaran dan menjadi produk elekrtonik terpopuler sepanjang sejarah yang kemudian membidani lahirnya walkman versi terbaru seperti CD Walkman dan MiniDisc. Sony juga berhasil meraih sukses dengan produknya yang lain seperti TV, video, DVD, dan Play Stasion.
Pada tahun 1998 Soni membeli rekamana CBS dan pada tahun berikutnya mengakuisisi Columbi Picture Entertainmemt. Inilah yang mengantarkan Sony Music Entertainment menjadi pelaku terbesar dalam industri musik dunia. Sukses serupa juga diraih Sony Picture Entertainment yang telah berhasil memproduksi film-film box office sekelas Charli's Angel.
Sony didirikan tahun 1946 oleh dua orang yaitu Akio Morita seorang fisikawan yang mahir menjajakan produk, dan Masaru Ibuka seorang ahli elektronika jenius yang melahirkan banyak produk Sony. Pada awalnya Sony hanya menangani reparasi radio saja, kemudian pada tahun 1950-an perusahaan tersebut meluncurkan produk sendiri dengan merek Sony. Dalam waktu singkat Sony berhasil membangun reputasi bangsa Jepang dengan menghasilkan produk-produk inovatif, diantara nya adalah transistor radio pertama yang paling efektif di tahun 1958 dan transistor TV pada tahun 1960. Pada tahun 1961, Sony menjadi perusahaan Jepang pertama yang terdaftar di wall street.
Pada tahun 1971, Sony meluncurkan video recorder berwarna pertama di dunia dan beberapa tahun kemudian Sony berhasil membuat revolusi produk dengan menciptakan walkman. Pada tahun 1979 walkman di luncurkan kepasaran dan menjadi produk elekrtonik terpopuler sepanjang sejarah yang kemudian membidani lahirnya walkman versi terbaru seperti CD Walkman dan MiniDisc. Sony juga berhasil meraih sukses dengan produknya yang lain seperti TV, video, DVD, dan Play Stasion.
Pada tahun 1998 Soni membeli rekamana CBS dan pada tahun berikutnya mengakuisisi Columbi Picture Entertainmemt. Inilah yang mengantarkan Sony Music Entertainment menjadi pelaku terbesar dalam industri musik dunia. Sukses serupa juga diraih Sony Picture Entertainment yang telah berhasil memproduksi film-film box office sekelas Charli's Angel.
Hoover
Hoover, jika kita mencari nya di kamus bahasa inggris artinya adalah alat penghisap debu. Hoover sejati nya adalah nama yamg melekat si sebuah keluarga, William H Hoover.
Sejarah peralatan rumah tangga bermerek Hoover berawal dari kisah seorang pria bernama Murray. Ia adalah seorang petugas kebersihan di sebuah Department Store. Hari-hari ny dihabiskan untuk membersihkan lantai berdebu. Setiap hari berkutat dengan debu membuat Murray menderita asma kronis. Untuk meringankan pekerjaan nya, Murray mencoba bereksperiment. Ia mengambil perkakas yang berserakan dirumah seperti kotak besi, sapu, sarung bantal, dan kipas angin. Lalu ia merangkainya menjadi peralatan yang mampu menyedot partikel debu. Peralatan yang berhasil di ciptakan tersebut, ia tawarkan kepada Hoover. Hoover membawa peralatan itu kepada istrinya dan istri Hoover tertarik. Setela mencoba peralatan itu dan menyetujuinya, maka Hoover membeli hak paten untuk peralatan tersebut pada tahun 1908.
Setelah melalui beberapa tahap uji coba dan mendengarkan berbagai masukan, 'sapu pengisap' tersebut berhasil disempurnakan. Berbekal pengalaman bisnisnya dibidang pakaian kulit. Hoover memutuskan untuk memproduksi massal peralatan baru tersebut. Perusahaan Hoover terjun secara total dalam produksi alat pengisap debu tersebut dan dimasa sekarang kita menyebutnya vacuum cleaner.
Hoover meninggal pada tahun 1932 tapi kesuksesan merek nya terus berlanjut dengan menjadi merek terdepan dan memperluas jangkauan pasarnya dengan memproduksi peralatan rumah tangga lainnya seperti mesin cuci dan kulkas dengan menggunakan merek yang sama sebagaimana vacuum cleaner.
Hoover, jika kita mencari nya di kamus bahasa inggris artinya adalah alat penghisap debu. Hoover sejati nya adalah nama yamg melekat si sebuah keluarga, William H Hoover.
Sejarah peralatan rumah tangga bermerek Hoover berawal dari kisah seorang pria bernama Murray. Ia adalah seorang petugas kebersihan di sebuah Department Store. Hari-hari ny dihabiskan untuk membersihkan lantai berdebu. Setiap hari berkutat dengan debu membuat Murray menderita asma kronis. Untuk meringankan pekerjaan nya, Murray mencoba bereksperiment. Ia mengambil perkakas yang berserakan dirumah seperti kotak besi, sapu, sarung bantal, dan kipas angin. Lalu ia merangkainya menjadi peralatan yang mampu menyedot partikel debu. Peralatan yang berhasil di ciptakan tersebut, ia tawarkan kepada Hoover. Hoover membawa peralatan itu kepada istrinya dan istri Hoover tertarik. Setela mencoba peralatan itu dan menyetujuinya, maka Hoover membeli hak paten untuk peralatan tersebut pada tahun 1908.
Setelah melalui beberapa tahap uji coba dan mendengarkan berbagai masukan, 'sapu pengisap' tersebut berhasil disempurnakan. Berbekal pengalaman bisnisnya dibidang pakaian kulit. Hoover memutuskan untuk memproduksi massal peralatan baru tersebut. Perusahaan Hoover terjun secara total dalam produksi alat pengisap debu tersebut dan dimasa sekarang kita menyebutnya vacuum cleaner.
Hoover meninggal pada tahun 1932 tapi kesuksesan merek nya terus berlanjut dengan menjadi merek terdepan dan memperluas jangkauan pasarnya dengan memproduksi peralatan rumah tangga lainnya seperti mesin cuci dan kulkas dengan menggunakan merek yang sama sebagaimana vacuum cleaner.
Xerox
Xerox berasal dari kata Xerography yang dalam bahasa Yunani artinya 'tulis kering'. Mesin Xerox pertamaikali dikenal secara luas pada 1959, tepatnya pada pekuncuran 914, mesin foto copy hitam putih pertama di dunia. Dua tahun kemudian, majalah fortune menyebut mesin fotocopy ini sebagai produk tersukses yang pernah dipasarkan di Amerika Serikat. Bermula dari 914 dan seterusnya, Xerox selalu terkait erat dengan mesin fotocopy dan berhasil memimpin pasar dengan produk-produk yang canggih serta inovatif.
Xerox mengalami kerugian milliaran dollar ketika nama nya yang identik dengan mesin fotocopy mencoba menempatkan nama nya pada komputer. Menurut Jack Trout dalam bukunya Big Brand, Big Trouble, Xerox dinilai tidak lagi fokus pada bisnis utamanya dan hal ini bisa membuat kompetitor Xerox memgambil alih semua pelanggan yang sudah terbentuk.
Xerox berasal dari kata Xerography yang dalam bahasa Yunani artinya 'tulis kering'. Mesin Xerox pertamaikali dikenal secara luas pada 1959, tepatnya pada pekuncuran 914, mesin foto copy hitam putih pertama di dunia. Dua tahun kemudian, majalah fortune menyebut mesin fotocopy ini sebagai produk tersukses yang pernah dipasarkan di Amerika Serikat. Bermula dari 914 dan seterusnya, Xerox selalu terkait erat dengan mesin fotocopy dan berhasil memimpin pasar dengan produk-produk yang canggih serta inovatif.
Xerox mengalami kerugian milliaran dollar ketika nama nya yang identik dengan mesin fotocopy mencoba menempatkan nama nya pada komputer. Menurut Jack Trout dalam bukunya Big Brand, Big Trouble, Xerox dinilai tidak lagi fokus pada bisnis utamanya dan hal ini bisa membuat kompetitor Xerox memgambil alih semua pelanggan yang sudah terbentuk.
American Expres
Pada tahun 1850 perusahaan ini diluncurkan, sebagai perusahaan angkutan express. Reputasi perusahaan ini terus berkembang selama perang saudara Amerika. Pada tahun 1880-an, American Express hanya melayani pengiriman cargo saja, kemudian perusahaan ini mulai tergoda untuk melayani jasa pengiriman uang yang pasarnya adalah orang-orang Eropa yang menetap di Amerika Serikat karena mereka harus mentransfer uang kepada keluarga. Pada tahun 1958, American Express meluncurkan sebuah kartu plastik berwarna hijau yang diberi nama kartu American Express. Sebuah kartu yang menyerupai cek perjalanan dan kartu ini menawarkan kemudahan baru bagi masyarakat. Dengan menggunakan kartu Express masyarakat yang ingin berbelanja tidak perlu repot lagi membawa uang tunai. Inilah cikal bakal kelahiran kartu kredit yang sekarang sudah sangat familiar digunakan sebagian besar masyarakat sosial memengah ke atas.
Hadirnya kartu ini tentu semakin memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan dimana saja dan kapan pun mereka berada. Sekarang American Express telah dikenal sebagai supermarket keuangan dunia. Sampai saat ini masyarakat Amrika Serikat menggunakan kartu Express untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari dan mebayar sewa.
Pada tahun 1850 perusahaan ini diluncurkan, sebagai perusahaan angkutan express. Reputasi perusahaan ini terus berkembang selama perang saudara Amerika. Pada tahun 1880-an, American Express hanya melayani pengiriman cargo saja, kemudian perusahaan ini mulai tergoda untuk melayani jasa pengiriman uang yang pasarnya adalah orang-orang Eropa yang menetap di Amerika Serikat karena mereka harus mentransfer uang kepada keluarga. Pada tahun 1958, American Express meluncurkan sebuah kartu plastik berwarna hijau yang diberi nama kartu American Express. Sebuah kartu yang menyerupai cek perjalanan dan kartu ini menawarkan kemudahan baru bagi masyarakat. Dengan menggunakan kartu Express masyarakat yang ingin berbelanja tidak perlu repot lagi membawa uang tunai. Inilah cikal bakal kelahiran kartu kredit yang sekarang sudah sangat familiar digunakan sebagian besar masyarakat sosial memengah ke atas.
Hadirnya kartu ini tentu semakin memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan dimana saja dan kapan pun mereka berada. Sekarang American Express telah dikenal sebagai supermarket keuangan dunia. Sampai saat ini masyarakat Amrika Serikat menggunakan kartu Express untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari dan mebayar sewa.
L'Oreal
'Karena anda begitu berharga'
Ceritanya bermula dari seorang pria bernama Eugene Schueller, seorang insinyur kimia berbakat yang tinggal di Paris. Pada tahun 1907, ia berhasil menemukan pewarna rambut sintetis. Penemuan Eugene Schueller menjadi cikal bakal lahirnya L'Oreal. Sebuah perusahaan Perancis yang memproduksi pewarna rambut sintesis. Pada awal berdirinya, L'Oreal hanya dikendalikan Eugene seorang diri. Setiap harinya, ia rela kehilangan waktu tidurnya untuk membuat pewarna rambut lalu menjual produk-produk tersebut ke salon-salon di Paris. Eugene akhirnya bisa mendapatkan apartemen yang lebih besar dan menggaji karyawan pada tahun 1909 setelah seorang akuntan tertarik menyuntikan investasi kecil-kecilan. Ia pun mulai mengiklankan produk nya dimajalah La Coiffure di Paris. Kemudian pada tahun 1934 L'Oreal membeli Monsaron sebuah perusahaan Prancis. Salah satu inovasi L'Oreal adalah sampo tanpa sabun pertama di dunia yang di beri nama Dop.
Pada tahun 1960 L'Oreal membeli Lancome dan Garnier lalu meluncurkan parfum Guy Laroche. Sekarang merek ini berada dibelakang merek parfum terkemuka dunia seperti i Ralph Lauren, Lancome dan 20 merek Giorgio Armani. Tidak hanya itu saja L'Oreal juga berhasil memimpin pasar industri kosmetik dengan merek Maybelline. Sekarang L'Oreal fokus pada lima bidang utama, yaitu perawatan rambut, pewarna rambut, pewarna kosmetik, wewangian, dan perawatan kulit.
'Karena anda begitu berharga'
Ceritanya bermula dari seorang pria bernama Eugene Schueller, seorang insinyur kimia berbakat yang tinggal di Paris. Pada tahun 1907, ia berhasil menemukan pewarna rambut sintetis. Penemuan Eugene Schueller menjadi cikal bakal lahirnya L'Oreal. Sebuah perusahaan Perancis yang memproduksi pewarna rambut sintesis. Pada awal berdirinya, L'Oreal hanya dikendalikan Eugene seorang diri. Setiap harinya, ia rela kehilangan waktu tidurnya untuk membuat pewarna rambut lalu menjual produk-produk tersebut ke salon-salon di Paris. Eugene akhirnya bisa mendapatkan apartemen yang lebih besar dan menggaji karyawan pada tahun 1909 setelah seorang akuntan tertarik menyuntikan investasi kecil-kecilan. Ia pun mulai mengiklankan produk nya dimajalah La Coiffure di Paris. Kemudian pada tahun 1934 L'Oreal membeli Monsaron sebuah perusahaan Prancis. Salah satu inovasi L'Oreal adalah sampo tanpa sabun pertama di dunia yang di beri nama Dop.
Pada tahun 1960 L'Oreal membeli Lancome dan Garnier lalu meluncurkan parfum Guy Laroche. Sekarang merek ini berada dibelakang merek parfum terkemuka dunia seperti i Ralph Lauren, Lancome dan 20 merek Giorgio Armani. Tidak hanya itu saja L'Oreal juga berhasil memimpin pasar industri kosmetik dengan merek Maybelline. Sekarang L'Oreal fokus pada lima bidang utama, yaitu perawatan rambut, pewarna rambut, pewarna kosmetik, wewangian, dan perawatan kulit.
Mercedes Benz
Pada bulan Januari tahun 1886, Karl Benz seorang insinyur Jerman berusia 41 tahun mematenkan mobil pertama di dunia yang di dukung mesin pembakaran internal. Setahun sebelum nya, rekannya Gottlieb Daimler berhasil menciptakan sepeda motor yang menggunakan mesin pembakaran internal. Saat itu, Daimler mengungguli prestasi Benz karena berhasil menciptakan mobil roda empat pertama di dunia, sedangkan mobil buatan Benz hanya menggunakan tiga roda saja. Uniknya, walaupun jarak mereka hanya terpaut 70 mil namun mereka tidak pernah bertemu dan tidak pula bekerja sama untuk penemuan-penemuan tersebut. Empat puluh tahun kemudian, perusahaan yang mereka dirikan yakni Daimler's Daimler, Motoren, Hesellchaft and Benz's Benz & Co akhirnya menjadi satu. Lahirlah Mercedes Benz yang terkenal sebagai merek prestise yang terkenal di dunia.
Pada bulan Januari tahun 1886, Karl Benz seorang insinyur Jerman berusia 41 tahun mematenkan mobil pertama di dunia yang di dukung mesin pembakaran internal. Setahun sebelum nya, rekannya Gottlieb Daimler berhasil menciptakan sepeda motor yang menggunakan mesin pembakaran internal. Saat itu, Daimler mengungguli prestasi Benz karena berhasil menciptakan mobil roda empat pertama di dunia, sedangkan mobil buatan Benz hanya menggunakan tiga roda saja. Uniknya, walaupun jarak mereka hanya terpaut 70 mil namun mereka tidak pernah bertemu dan tidak pula bekerja sama untuk penemuan-penemuan tersebut. Empat puluh tahun kemudian, perusahaan yang mereka dirikan yakni Daimler's Daimler, Motoren, Hesellchaft and Benz's Benz & Co akhirnya menjadi satu. Lahirlah Mercedes Benz yang terkenal sebagai merek prestise yang terkenal di dunia.
Nescafe
Nescafe adalah merek terkenal dan merek pertama untuk kopi instan. Nescafe merupakan hasil riset selama tujuh tahun yang berlangasung secara intensif di Laboratorium Swiss pada tahun 1930. Saat itu pemerintah Brazil melakukan pendekatan kepada Max Morgenthaler, seorang ahli kopi terkenal pada zamannya. Pemerintah meminta Max mencari cara untuk mengurangi surplus kopi yakni dengan cara memproduksi kopi murah yang bisa dibuat dalam waktu singkat, hanya dengan menyeduh air.
penelitian dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya pada tahun 1952 berhasil melahirkan sebuah produk inovatif berupa kopi larut yang terbuat dari biji kopi panggang. Pada tahun 1965 lahir merek Gold Blend berupa butiran kopi, lalu pada tahun 1996, riset yang mereka lakukan berhasil menemukan cara untuk membuat kopi instan yang lebih penuh aroma. Sederet inovasi yang terus dilakukan berhasil menempatkan Nescafe sebagai merek kopi paling top di seluruh dunia. Bahkan menjadikan Nescafe merek ternama kedua setelah Coca Cola.
Nescafe adalah merek terkenal dan merek pertama untuk kopi instan. Nescafe merupakan hasil riset selama tujuh tahun yang berlangasung secara intensif di Laboratorium Swiss pada tahun 1930. Saat itu pemerintah Brazil melakukan pendekatan kepada Max Morgenthaler, seorang ahli kopi terkenal pada zamannya. Pemerintah meminta Max mencari cara untuk mengurangi surplus kopi yakni dengan cara memproduksi kopi murah yang bisa dibuat dalam waktu singkat, hanya dengan menyeduh air.
penelitian dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya pada tahun 1952 berhasil melahirkan sebuah produk inovatif berupa kopi larut yang terbuat dari biji kopi panggang. Pada tahun 1965 lahir merek Gold Blend berupa butiran kopi, lalu pada tahun 1996, riset yang mereka lakukan berhasil menemukan cara untuk membuat kopi instan yang lebih penuh aroma. Sederet inovasi yang terus dilakukan berhasil menempatkan Nescafe sebagai merek kopi paling top di seluruh dunia. Bahkan menjadikan Nescafe merek ternama kedua setelah Coca Cola.
0 comments:
Post a Comment